Penulis : Basuki Hidayat, Nazhat Afza Mualifah
ISBN :
Terbit : 2025
Ukuran : 17,6 x 25 cm
Versi Cetak : Tersedia
Versi Digital : Tersedia
Buku “Pengantar Pembelajaran Mendalam” mengenalkan pendekatan Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) dalam pembelajaran sebagai inovasi untuk mengatasi permasalahan pendidikan di Indonesia dan meningkatkan kualitas proses belajar-pengajar antara peserta didik dan pendidik. Pembelajaran Mendalam memiliki prinsip pembelajaran, kerangka kerja pembelajaran, pengalaman belajar, dan dimensi profil lulusan yang harus dicapai. Pendekatan tersebut berfungsi sebagai katalis untuk menciptakan pendidikan yang inklusif dan merata. Hal ini memungkinkan penyesuaian pembelajaran agar sesuai dengan kebutuhan individu, komunitas, teknologi, dan tuntutan global.
Buku ini disusun untuk membantu pendidik dan peserta didik dalam memahami pendekatan Pembelajaran Mendalam. Di dalam buku ini membahas mengenai pengertian, konsep dan kerangka kerja, serta implementasi Pembelajaran Mendalam pada pembelajaran di Indonesia. Selain itu, dibahas pula makna dan penggunaan Pembelajaran Mendalam di berbagai negara sebagai pembanding. Di akhir buku dibahas mengenai tantangan globalisasi dan modernisasi yang dihadapi serta potensi dan harapan Pembelajaran Mendalam bagi pendidikan di Indonesia.